Senin, 24 Oktober 2016

Resep Bolu kukus mekar Nutrisari

Bolu kukus mekar tanpa air soda-Dikesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya dalam membuat bolu kukus mekar tanapa menggunakan air soda,dahulu saya fikir air sodalah yg membuat bolu kukus dapat mekar dengan begitu canti ternyata anggapan saya tadi tidaklah 100% benar.

Yg membuat bolu kukus mekar tanpa air soda,dapat mekar dengan sempurna adalah uap panas maksimal yg terjadi saat proses pengukusan berlangsung dan penggunaan cake emusilfer yg tepat,dalam hal ini saya biasa menggunakan sp,penggunaan cake emusilfer (sp) yg tepat dapat dilihat ketika dalam proses mixing/pengocokan adonan,adonan akan telihat begitu putih dan mengental,jika ketika dalam proses pengocokan adonan belum memutih dan mengental kita bisa menambahkan cake emusilfer/sp kedalam adonan yg sedang kita kocok.

Dalam proses pengocokan bolu mekar Nutrisari hendaklah kita menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi agar adonan yg dihasilkan dapat mengembang sempurna.Jika adonan telah putih dan mengental barulah adonan tadi kita kukus dengan api besar,yg sebelum adonan dimasukkan kedalam kukusan,kukusan haruslah sudah dipanaskan terlebih dahulu dan yg perlu diperhatikan adalah waktu pengukusan haruslah tepat minimal waktu yg dipergunakan utk mengukus adalah 15 menit atau lebih dan jangan dibuka-buka ketika bolu sedang dikukus,jika waktu pengukusan kurang biasanya hal yg terjadi adalah bolu akan turun/mingsep (dalam bahasa jawa) jika bolu diangkat dari kukusan.

BOLU KUKUS MEKAR NUTRISARI

http://resepabu.blogspot.com/2016/10/resep-bolu-kukus-mekar-nutrisari.html

BAHAN
  • 200 gr tepung terigu
  • 200 gr gula pasir
  • 2 butir telur
  • 180 ml air, larutkan dengat 1 saset nutrisari
  • ½ sdm sp

CARA MEMBUAT
  1. Siapkan kukusan terlebih dahulu dan panaskan kukusan.
  2. Campur semua bahan menjadi satu kemudian mixer sampai mengembang dan mengental putih, jika belum mengental dan putih boleh ditambah sedikit sp.
  3. Siapkan cetakan bolu kukus yg telah diberi paper cup, bagi adonan menjadi empat bagian berikan warna sesuai selera.
  4. Masukkan adonan bolu yg berwarna putih (tanpa pewarna) menyusul masukan adonan yg bewarna kuning satu sendok teh dibagian atas tengah nya kemudian taruh 1 sendok teh adonan bewarna putih diatas warna kuningdan begitu seterusnya sampai adonan penuh.
  5. Kukus adonan dengan api besar selama kurang lebih 15 - 20 menit.

Baca Juga:Resep Makanan bayi umur 1 tahun
Sedikit tip dari saya ketika menaruh adonan bewarna di atas adonan putih tidak usah diratakan karena nantinya akan rata sendiri (pengaruh gaya grafitasi bumi)
Bolu kukus mekar tanpa air soda siap dinikmati.Utk melihat resep bolu mekar tanpa air soda yg lain dapat dilihat di sini.