Senin, 28 November 2016

Resep Dan Cara Membuat Nagasari

Resep Dan Cara Membuat Nagasari-Nagasari adalah salah satu kue basah tradisional yg masih awet populer hingga sekarang di kalangan muda hingga tua.Kue ini berbahan dasar tepung beras sehingga bersifat kenyal,di dalamnya dimasukkan pisang yg manis dan legit. Meskipun tidak banyak modifikasi yg dilakukan,nagasari tetap menjadi salah satu penganan ringan favorit keluarga Indonesia yg tersedia di pasar tradisional hingga toko kue yg populer di kota-kota besar.

Kali ini kami menyediakan resep nagasari dengan mudah dan sederhana.Gunakan pisang raja,pisang tanduk atau pisang sesuai selera anda utk mengisi bagian tengah kue.Utk membuat nagasari sendiri cukup mudah,tantangannya adalah bagaimana membuat adonan yg lembut dan bebas gumpalan.Yuk kita coba di rumah,keluarga anda pasti senang dibuatnya!

Resep Nagasari

http://resepabu.blogspot.com/2016/11/resep-dan-cara-membuat-nagasari.html

Bahan-bahan
  • Bahan I :
  • 200 gram tepung beras
  • 400 ml santan kekentalan sedang
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh vanila ekstrak atau ½ sendok teh vanili bubuk
  • 130 gram gula pasir

Bahan II :
  • 100 gram tepung tapioka
  • 400 ml santan kental

Bahan lain :
  • pisang raja sesuai kebutuhan,potong melintang sepanjang 3 cm dan belah dua
  • daun pisang untuk membungkus


Cara membuat
  1. Bahan I : Masukkan tepung beras dan santan ke dalam panci,aduk rata.
  2. Gunakan saringan utk menyaring gumpalan pada adonan.
  3. Masukkan adonan ke dalam panci,tambahkan gula pasir,garam dan daun pandan. Masak dengan menggunakan api kecil sambil diaduk-aduk hingga adonan menjadi kental.
  4. Tuangkan bahan II ke dalam adonan di panci,aduk dan masak terus hingga adonan kental, pekat dan santan mengering.
  5. Siapkan 2 lembar daun pisang,sepanjang 15 cm,bentangkan.Letakkan 2 sdm adonan di atas daun, tekan-tekan agar melebar.Letakkan 1 buah pisang di tengah adonan,dan tutup kembali dengan adonan.
  6. Bungkus adonan dengan daun pisang,dengan melipat ke dalam. Hati-hati jangan sampai daun pisang robek.
  7. Letakkan kue di dalam dandang kukusan dengan bagian lipatan di bagian bawah.Kukus selama 20 menit.Angkat setelah matang,biarkan hingga dingin,bagikan.

Baca juga: Resep Rujak Khas Aceh
Untuk mempermudah membungkus nagasari,gunakan daun pisang yg telah dibersihkan dan dipanaskan di atas api agar daun pisang lebih lemas.Gunakan selalu tepung terigu yg masih tetap segar utk menghindari bau apak.Nah,langkah yg kami sediakan cukup mudah untuk anda mencoba sendiri,bukan ? Semoga bermanfaat.