Selasa, 28 Februari 2017

Resep Castella Cake Khas Jepang

Apakah bunda pernah mencicipi Castella Cake khas jepang ini? cake ini adalah jenis sponge cake yg sangat terkenal di negara Jepang,tepatnya di daerah Nagasaki yg di kenal sebagai daerah penghasil Castella cake terbaik.Asal mu asal cake ini sebenarya dari negara portugis yg di bawah ke jepang di abad 16 yang lalu oleh orang portugis.

Castella cake atau Kasutera pada lidah jepang,penampliannya terlihat cukup mewah dan menggodaa selera.Padahal kalau kita lihat dari bahan yg di gunakan sangat sederhana seperti telor,terigu,dan gula pasir saja.

berikut resep dan cara membuat Castella Cake :

http://resepabu.blogspot.com/2017/02/resep-castella-cake-khas-jepang.html

Bahan-bahan :
  • Tepung terigu protein tinggi,ayak 100 gram
  • Gula pasir 75 gram
  • Telur ayam suhu ruang 3 butir
  • Madu 3 sendok makan
  • Air hangat 2 sendok makan

Bahan Olesan :
  • Madu 2 sendok makan
  • Air hangat 1 sendok makan

Cara Membuat Castella Cake Khas Jepang
  1. Campurkan 3 sendok makan madu dengan 2 sendok makan air hangat di dalam gelas.Sisihkan.
  2. Kocok 3 butir telur menggunakan mixer dengan kecepatan rendah selama 10 detik saja,asal tercampur rata saja.
  3. Masukkan 75 gram gula dan mixer lagi dengan kecepatan tinggii hingga pucat warnanya dan ngembang tiga kali lipatnyaa.
  4. Tuangkan larutan madu tadi,dan mixer lagi dengan kecepatan rendah selama 15 detik.
  5. Setelah itu baru masukkan 100 gram tepung terigu secara bertahap (3 kali). Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah,masing-masing tahapan selama 15 detik.
  6. Siapkan loyang lalu alasi dengan kertas roti kemudian tuangkan adonan ke dalamnya dan jangan terlalu penuh karena nanti adonan akan naik dan mengembang.
  7. Sebelum di panggang tusuk-tusuk adonan pakai sumpit lalu gerakkan dengan zigzag supaya tidak ada udara yg terjebak di dalam adonan.
  8. Panggang di dalam oven dengan suhu 170, kurang lebih selama 40 menitan.
  9. Apabila cake sudah matang,bunda cukup matikan saja ovennya dan biarkan sampai dingin di dalam.(jangan sampai dikeluarkan dulu dari dalam oven sebelum dingin karena nanti kuenya bisa kempis di sebabkan penurunan suhu yg mendadak).
  10. Setelah cakenya dingin,baru bunda keluarkan dari oven dan langsung olesi dengan bahan olesan. ajikan dan nikmat dengan di temani 1 gelas teh hangat di sore atau malam hari nanti.

Selesai deh!bagaimana bund,mudah dan praktis banget kan? Modal yg di butuhkan utk bikin cake yg satu ini sangat hemat karena bahan-bahannya cukup sederhana dan mudah di dapatkan.