Sabtu, 04 Maret 2017

Resep Cara Membuat Pepes Ikan

Resep yang kami sajikan kali ini resep Pepes ikan yaitu salah satu masakan khas Indonesia,terutama daerah Aceh dan Sunda.Rasa ikan Pepes ada yang gurih pedas,cukup cocok untuk anda keluarga indonesia yang menyukai masakan berbahan dasar cabai.

Proses pembuatan Pepes biasanya melalui di kukus,bukannya digoreng,sehingga kandungan nutrisi gizi di bahan Pepes tak hilang karena dimasak.Isi Pepes itu biasanya dipakai ikannya,daun kemangi,bumbu rempahnya, dan daun ubi.

Pepes yang dibuat dari ikan ini dinamai dengan masakan Pepes Ikan.Ikan yang dijadikan untuk resep Pepes Ikan ada jenisnya dapat menggunakan Ikan patin,Ikan kembung,Ikan mas,Ikan nila,dan Ikan jenis lainnya, diutamakan yang mempunyai tekstur daging Ikan yang cenderung kering sesudah dimasak,tak lembek seperti gurameh,maka jangan gunakan Ikan yang bentuknya lembek setelah dimasak atau dipepes.

Bagi kalian yang suka pedas bisa membuat Pepes Ikan pedas dan gurih,Tapi jika kalian tak menyukai pedas bisa juga membuat Pepes Ikan yang ada cabenya tapi tak pedas maka rasa gurih lebih dominan.Resep Pepes Ikan cocok sekali untuk keluarga dirumah anda,karena kandungan gizi protein dari Ikan cukup berguna untuk pertumbuhan.

Nah sekarang kami akan membagikan Resep Pepes Ikan yang enak dan lezat dengan cara yang gampang.Silahkan kalian simak dengan mempraktekkannya dengan segera dirumah,Berikut Cara Membuat Pepes Ikan daun kemangi yang istimewa.

http://resepabu.blogspot.com/2017/03/resep-cara-membuat-pepes-ikan.html

Bahan-bahan untuk Pepes Ikannya :
  • 1 buah ikan mas/sesuai selera yaitu ukuran 0,5 kg dicuci bersih
  • 15 lembar daun kemangi yang segar yang dah dicuci bersih
  • 3 lembar daun salamnya
  • Tomat hijau diiris dengan tebal sedang
  • Daun pisang yang sudah dijemur sebentar dibawah sinar matahari supaya daunnya layu dan gampang dibentuknya
  • Tusuk giginya sebagai penyemat

Bumbu Pepes Ikan yang diHaluskan :
  • 1 ruas jari kunyitnya
  • 3 butir kemirinya
  • 3 buah bawang merahnya
  • 2 siung bawang putihnya
  • 1 sdt garamnya
  • Penyedap rasanya

Cara Mengolah Pepes Ikan istimewa:

1.Haluskan bahan harus dihaluskan dengan memakai cobek ataupun blender,sesudah halus,lumuri bumbunya di ikan.

2.Kemudian siapkan kukus dengan mendidih air untuk dibagian bawah;

3.Sediakan daun pisang yang dah bersih dan layu,berikan sebagian daun kemangi yang dah disiapkan,potongan tomat hijaunya,dan daun salam;

4.Letakkan ikan yang dah dilumuri bumbu halusnya,kemudian ditutupi dengan sisa daun kemanginya,potongan tomat,dan daun salam,jika masih ada sisa bumbunya;

5.Bungkuslah ikan dengan rapi,sematkan 1 bagian dengan tusuk giginya,kemudian tuangkan sisa bumbu halusnya dari sisi lain,kemudian tutuplah dengan tusuk gigi,pastikan daunnya tak bocor.bila harus dapat daun pisang yg digunakan sebagai pembungkusnya;

6.Cek kukusnya,jika air sudah mendidih,masukkan ikannya,kukus sampai masak;

7.Sediakan panggangannya,bakar ikan yang sudah dikukus masak dan lengkap dengan bungkus daun pisang diatas bara apinya,sampai bau aroma keluar,matikan apinya.dan siap di Sajikan.

Sajikan Pepes Ikannya dengan nasi hangat berserta sambel kecap,akan bakal membuat kalian ketagihan serta membuatkan sendiri seperti diresep ini.