Sabtu, 08 Juli 2017

Tips Cara Membuat Bolu Mengembang dan Empuk

Tips Anti Gagal Membuat Bolu dan Cake yang Perlu di Ketahui!

Tips tips dibawah ini semoga berguna buat semuanya.. semoga tips ini juga bisa mengurangi resiko gagal dalam membuat bolu atau cake.

Setelah menyiapkan alat dan menimbang bahan, tahapan selanjutnya mengolah bahan tersebut menjadi bolu dan cek. Agar bolu dan cake terhindar dari kegagalan, yuk kita pelajari dahulu teknik dasar yang digunakan.

https://resepabu.blogspot.com/2017/07/tips-cara-membuat-bolu-mengembang-dan.html

Mengocok adonan

Saat pertama kali mengocok telur, gunakan kecepatan rendah agar telur menyatu dengan bahan lain, seperti gula dan emulsifer. Setelah itu, naikkan kecepatan untuk mengembangkan adonan, baru kecepatan tertinggi untuk mengokohkan adonan.

Mengaduk adonan

Masukkan bahan kering (tepung) ke kocokan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata. Aduk perlahan dengan spatula mulai dari permukaan paling atas adonan hingga menyentuh dasar kom agar tidak ada cairan atau tepung yang mengelilingi kom adonan (atas-bawah-menyamping). Gerakan jangan terlalu keras karena adonan akan kempis.

Menuang adonan

Jika didalam resep menggunkan cairan, seperti lemak cair, susu cair dan santan, tuang ke adonan sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan dengan spatula.

Memanggang adonan

Sebelum adonan kue dipanggang, panaskan oven terlebih dahulu 5-10 menit agar proses pengembangan kue sempuna. Suhu yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis kue yang dibuat, selalu ikuti petunjuk resep.

Pada saat adonan dimasukkan kedalam oven, suhu tidak boleh terlalu tinggi karena bagian pinggir kue cepat gosong, sementara bagian dalam kue mentah. Namun, jangan juga terlalu rendah karena mengakibatkan kue bantat. Jangan membuka pintu oven sebelum adonan mengembang sempurna karena adonan kue akan turun (kempis).

Menghias

Sebelum menghias kue, pastikan bolu dan cake dalam kondisi dingin agar buttercream atau ganache tidak meleleh. Jika bagian tengah cake diisi dengan selai (krim), belah kue terlebih dahulu. Gunakan pisau bergerigi, gergaji kue, atau benang. Beri tanda di sekeliling kue dengan lidi atau goresan pisau, lalu belah perlahan agar hasilnya lurus. Bersihkan remahan kue agar permukaan kue yang dipoles terlihat rapi.