Minggu, 09 Oktober 2016

Resep Cara Membuat Sayur Jantung Pisang Enak Praktis

Tidak banyak orang mengetahui tentang manfaat jantung pisang ini.Apa lagi jika diolah menjadi makanan.Namun,sebelum kita membahas mengenai pengolahan jantung pisang menjadi makanan, mari kita ketahui,manfaat apa saja yg dihasilkan oleh jantung pisang. Pisang sendiri merupakan salah satu buah yg banyak disukai oleh banyak masyarakat, karena buah pisang banyak mengandung kalori.Tidak hanya pada buahnya saja yg mempunyai nilai gizi,tetapi jantung pisang sendiri ternyata juga memilikinya.Walaupun jantung pisang mempunyai nilai ekonomis yg lebih rendah ketimbang dengan pisang, namun jantung pisang ini juga mempunyai berbagai macam manfaat. Beberapa Manfaatnya adalah, Tiap 25 gram jantung pisang terdapat kandungan 31 kkal kalori, 0, 3 gr lemak, 1, 2 gram protein dan 7, 1 gram karbohidrat. Selain itu, jantung pisang juga mempunyai Vit A, Vit B1, Vit C serta mineral (fosfor, kalsium, zat besi) yg sangat dibutuhkan oleh tubuh kita, utk lebih jelasnya, berikut ini adalah manfaat dari jantung pisang yg bisa kita peroleh jika kita mengkonsumsinya :

Jantung pisang sangat baik buat orang yg melakukan diet,karena mempunyai kandungan lemak yg rendah dan jantung pisang bisa memberikan rasa kenyang yg lebih lama ketimbang dengan nasi. Jantung pisang juga mengandung fiber yg berguna buat pencernaan.Utk penderita diabetes,jantung pisang ini juga baik jika mereka memakannya.Karena jantung pisang mempunyai indeks glemik (GI) yang rendah.
Selain itu,ternyata jantung pisang juga dapat meminimalkan terjadinya resiko serangan jantung dan stroke.Tak hanya berhenti sampai disitu, jantung pisang juga dapat melancarkan siklus darah serta penggumpalan darah.

Memang tiap tiap pohon pisang,pasti menghasilkan jantung pisang.Akan tetapi sebaiknya pilihlah jantung pisang yg enak jika di masak,seperti jantung pisang yg terdapat pada jenis pisang kapok, pisang klutuk.
Berbicara mengenai proses pengolahan jantung pisang, Ternyata jantung pisang juga dapat diproses menjadi makanan yg enak dan menyehatkan,misalnya seperti sayur lodeh, gulai, ataupun di sayur tumis.Dan berikut dibawah ini adalah Resep Cara Membuat Sayur Jantung Pisang yg enak dan menyehatkan yg bisa anda praktekkan dirumah.

Resep Sayur Jantung Pisang

http://resepabu.blogspot.com/2016/10/resep-cara-membuat-sayur-jantung-pisang.html

Bahan Membuat Sayur Jantung Pisang :
  • – jantung pisang 1 buah
  • – santan 500 cc
  • – daun jeruk 2 lembar
  • – lengkuas 1 ruas, memarkan
  • – 1 sdm minyak goreng
  • – air secukupnya

Utk bumbu halus :
  • – bawang putih 4 siung
  • – bawang merah 4 siung
  • – kencur 1/2 ruas
  • – cabe rawit 8 buah
  • – cabe besar 2 buah
  • – 1 sdt gula pasir
  • – garam

Baca Juga:Wanita Ini Hidup Bahagia Bersama 5 Suami
Cara Membuat Sayur Jantung Pisang :
  1. Utk proses pengolahannya,pertama buang bagian luar jantung pisang,dan ambil bagian yg muda lalu cuci bersih dan potong potong sesuai selera,Selanjutnya,masak air sampai mendidih, dan masukan jantung pisang yg telah dipotong-potong sebelumnya,Lalu masak hingga matang.
  2. Berikutnya, Tumis bumbu halus yg sudah disiapkan dan masukan ke dalam rebusan jantung pisang. Kemudian masukan santan beserta daun jeruk dan lengkuas,lalu masak hingga matang