Kamis, 02 Februari 2017

Resep Dan Cara Membuat Es Cendol

Tentunya buntik sering menemukan jajanan es cendol yg di jual di pasar-pasar tradisional.Sangat menggoda selera,bukan ?Namun tetapi ada beberapa orang yg mengurungkan niatnya utk membeli es cendol tersebut dikarenakan tidak yakin dengan higienisan dan kebersihan serta keamanan bahan baku yg digunakan oleh penjual es cendol dalam pembuatannya?Supaya buntik dan buntar tidak perlu ragu lagi utk mengonsumsi es cendol,admin akan membagikan bagaimana cara membuat dan resep es cendol yg nikmat dan segar.Pembuatan Es Cendol ini bahan-bahan yg di perlukan sangat mudah sekali di dapat.Selain itu es cendol cocok sekali apabila di sajikan di tengah teriknya matahari ketika musim kemarau,tetapi ketika menginjak bulan ramadhan es cendol sering di hidangkan sebagai pembuka puasa.Karena Kandungan gula merah dan tepung beras di dalam es cendol ini dapat mengembalikan vitalitas setelah seharian berpuasa.

Adapun cara mencetak cendol ini dengan saringan yg bentuknya menyerupai sekali dengan saringan santan kelapa yg terbuat dari aluminium.Tetapi Jika buntik di rumah tidak mempunyai alat tersebut tidak usah khawatir karena buntik bisa menggunakan dengan plastik berbentuk segitiga sama seperti yg sering digunakan utk menghias cake.Lalu lubangi ujungnya kira-kira hingga berdiameter 0.5 cm,dan masukkan adonan bubur cendol ke dalamnya, selanjutnya cetak cendol tersebut secara perlahan di atas baskom yg berisi air dingin.Lakukan sampai semua bahan adonan cendol habis.

Resep Membuat Es Cendol

http://resepabu.blogspot.com/2017/02/resep-dan-cara-membuat-es-cendol.html

Bahan-Bahan
  • tepung sagu 50 gram
  • tepung beras 100 gram
  • air suji 100 ml
  • air 200 ml
  • nangka matang, potong dadu 1 cm 100 gram
  • santan kental matang 200 ml
  • daun pandan, simpulkan 2 lembar
  • garam ½ sdt
  • gula merah sisir 150 gram
  • air 100 ml
  • es serut 500 gram

Cara membuat Es Cendol
  1. Pertama campurkan 100 gram tepung beras,50 gram tepung sagu,100 ml air suji,dan 200 ml air menjadi satu. Lalu masak di atasa api sedang sambil di aduk-aduk sampai menjadi bubur yg kental.
  2. Kemudian siapkan baskom ukuran sedang dan isi dengan air dingin,lalu saring adonan bubur tepung tadi dengan menggunakan saringan cendol dan biarkan jatuh ke dalam baskom yg berisi air sampai membeku serta membentuk cendol. sisihkan
  3. Kedua rebus santan,garam,dan daun pandan sampai mendidih dan angkat.
  4. Kemudian rebus gula merah yg sudah di sisir dengan 100 ml air sampai larut dan mengental. lalu Angkat.

Cara penyajian : Letakkan dan susun larutan gula,cendol,nangka,santan dan es serut pada gelas atau gelas.

Salah satu tips di atas dalam menyajikan es cendol ialah mencampurkan setiap bagian seperti cendol,santan,gula merah,dan es batu yg dihancurkan sesaat sebelum dihidangkan sesaat sebelum disajikan supaya tampilannya akan terlihat cantik dan menggugah selera.Dengan menyajikan es cendol sendiri di rumah buntik bisa yakin dengan kebersihan dan keamanan bahan-bahan yg di gunakan.