Minggu, 26 Februari 2017

Resep Kentang Balado Kering Dan Kriuk-Kriuk

Resep kentang balado tanpa kapur sirih ialah tips dan trik serta cara mudah menjadikan sambal goreng kentang kering (mustofa) yg amat renyah dan kriuk crispy saat dikunyah.Walaupun dengan bumbu-bumbu sederhana tetapi dengan tekstur yg garing dan renyah berpadu cita rasa pedas manis bisa menjadi hidangan favorit keluarga baik untuk snack atau kawan baik nasi bahkan pelengkap menu makan pengganti kerupuk.

Resep membuat kentang yg renyah kriuk bisa dimulai dengan merendamnya dengan air garam sebagai alternatif bila tidak menggunakan air kapur sirih karena juga dapat membantu proses keluarnya cairan (air) dari dalam kentang sehingga nantinya air rendaman akan berubah menjadi keruh kecoklatan.

Selain merendamnya dengan air garam,tips selanjutnya adalah pemakaian racikan bumbu tanpa menggunakan air,teknik menggorengnya serta jangan lupa untuk terus melakukan teknik pengadukan setelah dimatikan api kompor sampai wajan atau penggorengan sudah mulai dingin.
Karena tips terpenting adalah pengadukan kentang mustofa dan bumbu sampai kering di penggorengan,lalu kita bisa mengkreasikan bumbu-bumbu yg digunakan seperti bawang merah,kemiri,cabe rawit, daun bawang,lengkuas dan asam jawa (bumbu yg disebut sudah pernah dicoba) atau mungkin bumbu lainnya tergantung variasi rasa yg diinginkan.Adapun bumbu sederhana dan praktis bisa mengikutiikuti resep di bawah ini.

http://resepabu.blogspot.com/2017/02/resep-kentang-balado-kering-dan-kriuk.html

Bahan dan bumbu :
  • 1 kg kentang
  • 1, 5 sdt garam
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdmsendok makan minyak untuk menumis bumbu
  • 1 liter minyak atau secukupnya untuk menggoreng kentang

Haluskan :
  • 15 buah cabe merah dibuang biji
  • 8 siung bawang putih


CARA MEMBUAT KENTANG BALADO :
  1. Kupas kulit kentang,potong-potong menggunakan alat pemotong kentang yg diserut atau potong manual bentuk korek kemudian cuci bersih. Rendam dengan air secukupnya campur 1 sdt garam hingga kentang terendam,aduk-aduk rata lalu diamkan selama 30 menit untuk mengeluarkan getah kentang.
  2. Panaskan minyak yg banyak di atas api sedang.Setelah cukup panas ambil segenggam kentang dari rendaman tadi,sambil digoyang-goyang sedikit untuk meniriskan air lalu masukkan dalam penggorengan hingga kentang terendam minyak.
  3. Jangan diaduk-aduk saat kentang masih lembek agar tidak saling menempel dan mudah patah,biarkan kentang agak mengering di bagian bawah kemudian baru dibalik dan masak hingga bagian yg lain agak kering.
  4. Selanjutnya boleh sesekali diaduk sambil memisahkan kentang yg saling menempel,goreng hingga kering dan garing berwarna kuning keemasan. Angkat dan tiriskan lalu masukkan dalam wadah yg dialasi tisu atau kertas untuk membantu menyerap minyak.Lanjutkan menggoreng sisa kentang dengan cara yg sama sampai habis.
  5. Panaskan minyak,tumis bumbu halus hingga harum,beri garam dan gula pasir lalu aduk-aduk hingga bumbu matang.
  6. Masukkan kentang goreng sedikit demi sedikit sambil diaduk rata,setelah semua kentang sudah dimasukkan jangan berhenti diaduk-aduk sampai tercampur rata dan kering serta tidak ada bumbu yg menggumpal.Tips dan trik selanjutnya adalah matikan api kompor tetapi kita masih terus harus mengaduk-aduknya hingga wajannya atau penggorengan sudah tidak panas lagi.Angkat dan siap untuk disajikan serta simpan dalam wadah kedap udara.