Kamis, 09 Maret 2017

Beberapa Jenis Masakan khas Aceh

Aceh yaitu lokasi yang memiliki bermacam kekayaan alam,kekayaan ilmu dan pengetahuan, kekayaan budaya serta kekayaan agama yang paling tinggi. Perihal ini pula yang membikin Aceh jadi daerah yang khusus dari zaman kerajaan, penjajahan sampai zaman moderen saat ini.Kota yang memperoleh julukan " Serambi Mekkah " ini sejalan populer dengan wisata budaya juga bukan ketinggalan dengan wisata kulinernya.Beragam macam sajian kuliner yang membikin lidah kita bergoyang.Berikut bukan  heran bila kita bertandang ke Aceh bakal diperoleh panganan Makanan khas Aceh.Apa sajakah makanan tradisional khas Aceh itu, yuk kita simak.

1. Mie Aceh
Mie Aceh,satu type kuliner yang menggoda dari Aceh,bisa dicicipi dengan dua tips,yaitu di goreng atau di rebus dengan kata lain memakai kuah.Untuk rasa dapat bpilih sendiri,apakah mau pedas atau bukan.Juga sebagai variasi dapat meggunakan kepiting, daging atau seafood.Variasi inilah yang kelak memastikan nama mienya.

2. Sate Matang
Sate masak telah bergema di tiap-tiap kota semua Aceh,medan bahkan juga Jakarta.Dimanaa ada orang-orang Aceh bermukim di kota-kota besar di Indonesia.Pasti ada gerobak yang bertulis sate “sate matang” Diberi nama sate masak lantaran aslinya dari daerah Masak,Bireuen.Yang buat special sate ini lantaran maka dari itu dengan kuah soto.Di Banda Aceh,banyak warung yang sediakan makanan ini,satu diantaranya yaitu di Rex Peunanyong.

http://resepabu.blogspot.com/2017/03/beberapa-jenis-masakan-khas-aceh.html

3. Kuah Pliek U
Kuah Pliek 'U yaitu makan aceh yang paling populer dengan kombinasi beragam rasa serta kaya vitamin dan beberapa zat yang dapat tingkatkan gairah serta kekebalan badan.
Sejalan  itu juga Kuah Pliek 'U juga adalah makanan yang melambangkan kekerabatan serta keanekaragaman dalam orang-orang Aceh yang bisa dikumpulkan dalam satu kuali,hingga mengasilkan rasa yang unik serta disukai oleh semua orang-orang di luruh dunia.kuah Pliek 'U juga adalah media mengenalkan hasil alam Aceh yang demikian kaya type sayurnya hingga dengan menyantap kuah Piek 'U bermakna kita sudah menyantap semua sayuran yang ada di Aceh.Masakan ini harus dikonsumsi,lantaran pergi ke Aceh tanpa ada makan Kuah Pliek 'U,sama dengan belum pergi ke Aceh.Masakan ini paling gampang diperoleh,90% rumah makan di Aceh pasti sediakan Kuah Pliek 'U.

4. Gulai Kambing
Gulai kambing Aceh memiliki rasa yang khas, lantaran menggunakan bumbu khas Aceh.dimasak dengan memakai kuali besi yang besar serta selalu di panaskan.Berarti kapanpun anda pesan gulai kambing senantiasa disajikan dalam situasi panas,daging kambing nya juga empuk serta bukan bau.Anda akan di sajikan daging rebus cincang yang digabung dengan bawang serta cabe rawit tumbuk dan jeruk nipis juga sebagai pelengkap gulai kambing.Jika bertandang ke Banda Aceh janganlah lupa untuk mencicipi hidangan yang satu ini.

5. Kuah Masam Keu-eung
Masakan Asam Pedas yaitu masakan yang ada nyais di semua Indonesia, bahkan juga Asia Tenggara dengan nama berbagai macam.Di Aceh Masakan ini bernama Asam Keueung atau Masam Keueung yang makna dengan cara harfiah yaitu Masam Pedas.

6, Kuah Sie Itek
Masakan Itik atau Bebek paling banyak macam serta jenisnya di Nusantara. Namun yang ini terang beda lantaran masakan bebek ini mempunyai resep sendiri dari Aceh.Gule itek dari Aceh yang paling populer dating dari Bireun di daerah ini bumbunya paling merasa.Penasaran? Anda dapat segera cobanya di restoran-restoran khas Aceh yang ada di sekeliling rumah anda

7. Ayam Tangkap
Ayam tangkap adalah makanan khas Aceh Besar,terbuat dari ayam yang di goreng dengan cabe hijau serta daun Teumuru atau Salam Koja atau Daun Kari (orang Aceh menyebutnya Teumuru sesaat 2 nama yang lain saya bisa dari. Terasa sebenarnya seperti ayam goreng umum diberi tambahan aroma daun teumuru serta cabai hijau hingga memiliki sensasi rasa sendiri.Ayamnya dipotong kecil-kecil hingga tersembunyi di balik tumpukan daun teumuru serta cabai hijau goreng dan taburan bawang goreng di atasnya,mungkin sajja lantaran tersembunyi tersebut berikut diberi nama ayam tangkap
.
8. Rujak Aceh
Anda pasti tidak asing lagi dengan rujak.Kudapan sehat itu terbuat dari aneka buah fresh yang dicocol dengan sambal gula merah yang menggoda.Tetapi, sempatkan Anda coba rujak Aceh? Tidak sama dengan rujak yang umum kita makan,rujak Aceh ini memegang ciri khas sendiri yang membikin terasa tidak sama serta rujak biasanya.
Yang membikin rujak Aceh tidak sama yaitu buah yang digunakan.Rujak Aceh memakai buah rumbia khas Aceh.Buah yang daunnya dipakai untuk membikin atap rumah ini diserut berbarengan buah-buahan yang lain.
Rujak Aceh telah jadi  makanan tradisional di daerah ini mulai sejak lama. Makanan ini nikmat dikponsumsi dalam situasi dingin atau digabung dengan es serut dengan siraman saus rujak serta di nikmati di siang hari yang terik.

9. Martabak Aceh
Martabak ini yaitu martabak khas Aceh yang tidak sama dari martabak yang umum kita kenal.Bagaimanakah dengan cita rasa makanannya? Martabaknya pasti tidak sama dengan martabak yang umum kita jumpai.
Dengan bahan basic roti Cane,Sedang martabaknya sekilas serupa dengan telor dadar umum,namun saat digigit baru merasa ketidaksamaannya. Martabak ini memakai roti cane juga sebagai " kulitnya ", serta dengan rasa yang gurih serta sedikit pedas,martabak aceh ini enak untuk disantap juga sebagai camilan serta paling disarankan di nikmati dengan Coffee.

10. Ungkot Kemamah
Ungkot Kemamah adalah masakan khas Aceh yang lain dengan cita terasa yang paling menantang.Sama seperti memiliki bentuk,ikan kemamah terbuat dari ikan tuna yang sudah di rebus serta dikeringkan yang lalu diiris-iris.Ikan kemamah bisa dimasak dengan memakai beragam bahan masakan, seperti santan kelapa,kentang,cabai hijau serta bahan rempahan yang lain.Sepanjang perang Aceh melawan Belanda di rimba belantara,type masakan ini paling  ppuler lantaran paling gampang dibawa serta dimasak.

Inilah beberapa masakan khas Aceh,,,jangan lupa untuk dicoba ya kawan-kawan...