Jumat, 10 Maret 2017

Resep Membuat Getuk Lindri

Getuk adalah sejenis makanan yang bahan utamanya ketela pohon atau ubi singkong. Getuk ini makanan yang biasa ditemui di Jawa Tengah dan daerah lainnya.Mengolah getuk awalnya dari ubi singkong yang dibuang kulitnya seterusnya mengukus bisa merebusnya dan setelah masak tumbuk bisa juga digiling lalu tambahkan juga gula dan pewarna untuk makanan.Selain itu cara sajiannya biasanya dengan parutan kelapa yang ditaburi.Makanan ini yang biasa dijual dengan menggunakan gerobak dan bersuarakan lagu Jawa ataupun tembang dangdut itu dan digunakan dengan volume yang besar.hingga adanya penjaja getuk lindri ini bisa dikenal bunyi musiknya yang asalnya dari gerobak dorong mereka. Cara mengolah getuk lindri sangat mudah sekali.Makanan yang cocok jikaa disajikan saat bertamasya bersama keluarga anda. serutan buah kelapa yang ditaburi diatas membuat masakan getuk tambah nikmat saat anda makan. 

http://resepabu.blogspot.com/2017/03/resep-membuat-getuk-lindri.html

 Bahan bahannya adalah : 
  • 1/2 kilogram ubi singkong yang telah dikupas kulitnya
  • 100 gram gula pasirnya
  • 75 gram parutan kelapa yang telah dimasak 5 menit 
  • 1/2 sendok teh vanilinya
  • 5 tetes pewarna untuk makanan yg hijau 
  • 5 tetes pewarna untuk makanan yg warna merahnya

Bahan bahan untuk ditaburkan :
Parutan Kelapa 200 gram 
Garamnya 1/2 sendok teh

Cara mengolah masakan getuk lindri : 
  1. Langkah Pertama ubi singkong dimasak sampai matang dan empuk jika dipegang. 
  2. Singkongnya direbus lalu tumbuk atau dengan gilingan. 
  3. Campurkanlah semua jadi satu gula pasirnya,parutan kelapa dan vanili sambilan aduk terus hingga gulanya bercampur merata. 
  4. Tambahkan juga campuran gulanya diubi singkong yg telah digiling atau tumbuk tadi.Di aduk hingga bercampur merata. 
  5. Buatlah adonannya menjadi 3 bagian. setiap menambahkan pewarna untuk makanan yg merah dan warna hijau tapi yang satu bagiannya tetaplah warna putih. 
  6. Campurkan kembali setiap bagian adonannya. Dengan memakai tumbukan getuk lindri, digiling setiap adonannya yg tadi.Lalu di gulung dan dicincang. 
  7. Buat taburannya,masak dulu hingga matang parutan kelapa yang sudah diberikan garam Lalu sisihkanlah.Sajikan masakan getuk lindri dengan cara diberikan taburan parutan kelapa.

Selamat menikmati sajian dari kami untuk anda semua yang pingin mencobanya.terima kasih